IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN AL-KAUTSAR AL-AKBAR TARABINTANG: Bahasa Indonesia

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN AL-KAUTSAR AL-AKBAR TARABINTANG

Bahasa Indonesia

Authors

  • Ahmad Yani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Nur Azijah Simbolon Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Sumarno Sumarno Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz

DOI:

https://doi.org/10.70936/mumtaz.v5i2.231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Tarabintang. Manajemen peserta didik merupakan aspek krusial dalam penyelenggaraan pendidikan di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data dari kepala sekolah, wakil kepala madrasah (Waka) kesiswaan, dan peserta didik melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Tarabintang telah melaksanakan sebagian besar indikator manajemen peserta didik, termasuk rekrutmen, orientasi, pengelompokan, pembinaan, dan pelaporan peserta didik. Namun, terdapat satu aspek yang belum diterapkan secara formal, yaitu seleksi peserta didik. Ketiadaan proses seleksi ini berpotensi menimbulkan masalah seperti kurangnya kesiapan peserta didik, ketidaksesuaian kapasitas pondok, dan risiko drop out. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa pengelompokan peserta didik didasarkan pada kemampuan membaca Al-Qur'an, dan pesantren memberikan perhatian pada pembinaan karakter serta nilai-nilai agama. Penelitian ini memberikan data rinci mengenai pelaksanaan manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Tarabintang, termasuk analisis kebutuhan, program kegiatan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen peserta didik di pesantren. Penelitian ini menyoroti pentingnya manajemen peserta didik yang efektif untuk menunjang proses pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan di lingkungan pondok pesantren, serta perlunya mempertimbangkan konteks lokal dalam implementasinya.

References

Bungin, Burhan. 2012. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Efriani, Dkk. 2021. Implementasi Manajemen Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama (Smp).Jurnar Pamotor. Vol. 4 No. 2 : 119.

Fathurrochman& Histori. 2023. Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu. Jurnal Islamic Education Manajemen. Vol 7. No 2 : 131

Fifit Firnadani, Manajemen Peserta Didik: Tinjauan Teori dan Praktis, (Bandung: Widina Bhakti Persada, 2020), h. 78

Fuad, Anis & Sapto Kandung (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Graha Ilmu

Hamidah.2018. Manajemen Peserta Didik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. Vol.6, No.2: 2

H.A.R. Tilaar, R. N. (2009). Kebijakan pendidikan : Pengantar untuk memahami kebijakan pendidikan dan kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik. Yogayakarta: Pustaka Pelajar.

Jahari.Dkk.2018. Manajemen Peserta Didik. Jurnal Islamic Education Manajemen.No. 3. Vol . 2: 171

Maidiana, M. S. (2021). Ayat-Ayat Tentang Fungsi Manajemen. ALACRITY : Journal Of Education.

Mamonto. Dkk. 2018. Implementasi Pembangunan Infrastruktur Desa Dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (Studi) Desa Ongkaw Ii Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan. Vol. 1 No. 1: 4

Moleong. Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Mustika Abidin, M. A., & Ahmad, L. O. (2024). Konsep Fitrah: Perwujudannya Dalam Lingkungan Pendidikan Islam Perspektif Hadis. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 239-259.

Solechan.2021. Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Peningkatan Mutu Madrasah Di Mts Raden Rahmat Selorejo Mojowarno. Jurnal.Stituwjombang. Vol. 10. No.2: 193.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Pt Refika Aditama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Majemen. Bandung: Alfabeta, Cv.

Tri Setiawati Maulana, N. P., & Mala, A. (2023). Manajemen Pendidikan Dan Peserta Didik Perspektif Al Qur'an Dan Hadist. Journal of Islamic Education Manajemet Research, 1-26.

Wahab, S. A. (2008). Analisis kebijaksanaan : Dari formulasi ke implementasi kebijaksanaan negara / Solichin Abdul Wahab.Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

Ahmad Yani, Nur Azijah Simbolon, & Sumarno, S. (2025). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN AL-KAUTSAR AL-AKBAR TARABINTANG: Bahasa Indonesia. MUMTAZ - Education Management and Islamic Studies, 5(2), 109–123. https://doi.org/10.70936/mumtaz.v5i2.231

Issue

Section

JULI 2025

Most read articles by the same author(s)

Loading...