IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN Al-KAUTSAR AL-AKBAR LAETORAS: Bahasa Indonesia

IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN Al-KAUTSAR AL-AKBAR LAETORAS

Bahasa Indonesia

Authors

  • sumarno Sumarno Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • TUTI ALAWIYAH SIMBOLON Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Ahmad Yani Ahmad Yani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz

DOI:

https://doi.org/10.70936/mumtaz.v5i2.226

Abstract

Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Laetoras adalah lembaga yang focus pada pembekalan akidah, Syariah dan akhlak ala ahAhlusunnah wal jamah. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di lembaga pendidikan berbasis pesantren sangat penting dalam mendukung tercapainya mutu pendidikan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi manajemen sumber daya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Laetoras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data dan penyajian secara sistematis dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kuantitas dan kualitas, sumber daya manusia di pondok pesantren tersebut masih perlu peningkatan; jumlah tenaga pendidik dan kependidikan berjumlah tujuh orang dengan kualifikasi sarjana. Implementasi manajemen sumber daya manusia diterapkan melalui beberapa proses, termasuk perencanaan kebutuhan, pengorganisasian, penempatan, dan pengawasan tenaga kerja sesuai dengan kriteria keahlian, minat, serta kompetensi masing-masing. Penempatan tenaga pendidik telah dilakukan sesuai bidang dan keahlian, meskipun masih terdapat kebutuhan peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga. Secara umum, penerapan manajemen sumber daya manusia di pesantren ini berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui pengelolaan tenaga pendidik yang lebih efektif dan efisien.

References

Abdul Goffar. “35 Manajemen Dalam Islam (Perspektif Al- Qur’an Dan Hadish)” (2018): 35–58.

Murni, M. “Manajemen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan.” ENGGANG: 56 Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya 4, no. 1 (2023): hlm 28.

Kurniawan, Hendra. “Implementasi Manajemen Sumber Daya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kualasimpang” (n.d.): 144–153.

V. Wiratna Sujarweni. “Metodologi Penelitian.” PT. Rineka Cipta, Cet.XII)an Praktek, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, Cet.XII) (n.d.): hlm 73

“Hasil Wawancara Dengan Ustadzah Nursaini Simbolon Selaku Tenaga Pendidik Di Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Laetoras, Pada Tanggal 22 Desember 2024,” n.d.

“Sumber Data Dokumen Arsip Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Laetoras Diakses Pada Tanggal 24 Desember 2024,” n.d Sumber Data Dokumen Diperoleh Dari Arsip Pesantrren Al-Kautsar Al-Akbar Laetoras Diakses Pada Tanggal 22 Desember 2024, n.d.

“Sumber Data Dokumen Tenaga Kependidikan Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Laetoras, Diakses Tanggal 22 Desember 2024,” n.d

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

Sumarno, sumarno, TUTI ALAWIYAH SIMBOLON, & Ahmad Yani, A. Y. (2025). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN Al-KAUTSAR AL-AKBAR LAETORAS: Bahasa Indonesia. MUMTAZ - Education Management and Islamic Studies, 5(2), 79–84. https://doi.org/10.70936/mumtaz.v5i2.226

Issue

Section

JULI 2025

Most read articles by the same author(s)

Loading...