PENERAPAN POLA TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS TINGGI MIN 2 BATAM: Bahasa Indonesia

PENERAPAN POLA TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS TINGGI MIN 2 BATAM

Bahasa Indonesia

Authors

  • Sari Mahwati Hasibuan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Hidayatullah Batam

DOI:

https://doi.org/10.70936/mumtaz.v5i2.220

Keywords:

Tematik, Keaktifan, Keterampilan Berpikir Kritis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pola organisasi tematik dalam pembelajaran di MIN 2 Batam dan dampaknya terhadap peningkatan keaktifan serta keterampilan berpikir kritis siswa. Pola tematik mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu tema yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, memungkinkan siswa untuk melihat hubungan antar disiplin ilmu-ilmu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang melibatkan observasi langsung dan wawancara dengan guru juga siswa di beberapa kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa, yang tercermin dalam partisipasi aktif mereka dalam diskusi, tanya jawab, dan kegiatan kelompok. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam keterampilan berpikir kritis, terutama dalam menganalisis informasi dan memecahkan masalah secara lebih mendalam. Namun, tantangan seperti pemilihan tema yang sesuai dan keterbatasan sumber daya di beberapa madrasah perlu diperhatikan agar penerapan pola tematik dapat lebih optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola organisasi tematik memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan keterampilan penting pada siswa MIN 2 batam terkhusus pada kelas tinggi.

References

Agustin, N. (2022). Pembelajaran Tematik Di SD/MI Teori dan Praktik. Surabaya: UWKS PRESS.

Fitriyani, A. (2023). Tantangan dan Peluang Penerapan Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan, 78-89.

Hakim, I. N. ( 2014). Pembelajaran Tematik-Integratif Di SD/MI Dalam Kurikulum 2013. Insania, 52-53.

Mulyasa, e. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

M Muthma’innah. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas IV. Jurnal Ibtida. 3.

M Muthma’innah. (2023). Urgensi Pemikiran Filsafat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Matematika. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied. 160.

Nugroho, D. (2020). Pola Organisasi Meteri Pembelajaran (Kurikulum). IAI AL-AQIDAH AL-HASYIMIYYAH, 43.

Prasetiyo, D. (2022). Penerapan Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 45-59.

Saidah O, Sari Mahwati Hasibuan, H, Rivana DM, Sity FM, Ulfa M. (2024). Pengembangan Literasi Digital Dalam Konten Ilmu Pengetahuan di SMP Daarut Tauhid Boarding School Kota Batam. Sigma: Jurnal Sinergi Mengabdi. 36.

Sari Mahwati Hasibuan. (2022). Pengembangan Strategi Storytelling Pada Pembelajaran Tematik. Ta’diban: Journal Of Islamic Education, 70.

Sari Mahwati Hasibuan. (2024). Implementasi Manajemen Mutu TerpaduPendidikan di Sekolah Dasar. Tadribuna: Journal Of Islamic Management Education. 26.

Sari Mahwati Hasibuan. (2024). Sosialisasi Model Pembelajaran Team Quiz Pada Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V MIN 2 Batam. Sigma: Jurnal Sinergi Mengabdi. 76.

Sari Mahwati Hasibuan. (2025). Landasan Pengembangan Kurikulum. Jurnal Mumtaz. 3.

Sari Mahwati Hasibuan. (2025). Landasan Pengembangan Kurikulum. Jurnal Mumtaz. 6.

Sari MH, Syamsidah L, Anggie I, M Muthma’innah, dkk. (2025). Pendampingan Pada Bidang Pendidikan Dan MABIT Di Pondok Pesantren Hidayatullah Medan. Sigma: Jurnal Sinergi Mengabdi. 60.

Sulhan, A. (2019). Konsep Dasar Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar (SD/MI). mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.

Suyanto, B. (2013). Pendidikan Tematik di Sekolah Dasar: Teori dan Implementasi Kurikulum 20213. Jakarta: Kencana.

Widodo, W. (2023). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Abad 21, 112-125

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

Sari Mahwati Hasibuan. (2025). PENERAPAN POLA TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS TINGGI MIN 2 BATAM: Bahasa Indonesia. MUMTAZ - Education Management and Islamic Studies, 5(2), 63–71. https://doi.org/10.70936/mumtaz.v5i2.220

Issue

Section

JULI 2025
Loading...