FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN
Keywords:
Faktor Penyebab, Kesulitan Belajar Matematika, Operasi Hitung PembagianAbstract
Kesulitan belajar matematika merupakan kesulitan mengerjakan bilangan saat menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesulitan-kesulitan belajar dan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam melakukan operasi hitung pembagian, dan mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kesulitan belajar operasi hitung pembagian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, saran yang dapat disampaikan kepada guru, kepala sekolah, dan orang tua yaitu untuk memperhatikan kesulitan yang dialami siswa; membimbing siswa memahami konsep pembagian; memberikan pembelajaran matematika sesuai tahapan belajar siswa SD pada periode operasi konkret; menggunakan alat peraga; menggunakan strategi algoritma pembagian untuk mengatasi kesulitan; membangun suasana kelas yang menyenangkan dengan permainan edukatif untuk meningkatkan minat belajar dan menarik perhatian siswa; serta memaksimalkan program remedial untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Z. (2014). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BSNP.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar dan Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Moleong, J. L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muthma'innah, M. (2023). Analysis of Students' Mastery of Mathematical Concepts Material for Linear Equations in Two Variables. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 135-147.
Muthma'innah, M. (2023). Difficulty Learning Mathematics Material for Multiplication Counting Operations in Elementary School. Rangkiang Mathematics Journal, 2(2), 29-33.
Muthma'innah, M. (2023). Homeschooling dalam Perspektif Islam. Tadribuna: Journal of Islamic Management Education, 4(1), 49-61.
Muthma'innah, M. (2023). Urgensi Pemikiran Filsafat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Matematika. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 3(2), 157-169.
Muthma'innah, M. (2024). Difficulty Learning Mathematics Fraction Material at Elementary School. Rangkiang Mathematics Journal, 3(2), 24-30.
Muthma'innah, M. (2024). Metodologi Pendidikan Anak dalam Pandangan Islam. Jurnal Mumtaz, 4(1), 23-34.
Muthma'innah, M. (2024). Multiplication Wheel Learning Media Design in Mathematics Learning Material for Multiplication of Numbers in Elementary Schools. Rangkiang Mathematics Journal, 3(1), 28-33.
Ollerton, M. (2010). Panduan Guru Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra: No 73.
Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Taufiq, A., & dkk. (2010). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M Muthma'innah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.