Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Permasalahan Siswa/i Di SMA Negeri 3 Karimun: Bahasa Indonesia

Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Permasalahan Siswa/i Di SMA Negeri 3 Karimun

Bahasa Indonesia

Authors

  • Hikmatul Hidayah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Nurbaiti Nurbaiti MTS Ar-Raudhah Karimun

Abstract

Penelitian ini berjudul "Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Permasalahan Siswa/i di SMA Negeri 3 Karimun". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi komunikasi yang digunakan oleh guru bimbingan konseling dalam menangani permasalahan siswa serta untuk menganalisis hambatan dan solusi dalam pelaksanaan strategi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Adapun informan pada penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling di SMA Negeri 3 Karimun yaitu ibu Leni Rajab, S.Pd., dan ibu Yanti, S.H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif antara guru bimbingan konseling dan siswa sangat penting dalam membantu siswa mengatasi berbagai masalah. Beberapa hambatan yang dihadapi termasuk siswa yang tidak terbuka dan pengaruh lingkungan. Solusi yang diusulkan melibatkan keterlibatan orang tua dan pengembangan strategi komunikasi yang lebih baik

References

Amalia Putri, Bahan Ajar Dasar Dasar Bimbingan Dan Konseling, 2020, hlm 1–213.

Defra Asriyanda, Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling (Bk) Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mtsn) 01 Bengkalis, Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling (Bk) Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mtsn) 01 Bengkalis, 2022, hlm 1–29.

Emmi Kholilah Harahap.Sumarto, Komunikasi Bimbingan Dan Konseling (Bengkulu: Buku Literasiologi, 2020). hlm.17

Hensokan, Riskal, ‘“Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling Terhadap Siswa SMK Negeri 3 Gorontalo (Studi Deskriptif Pada Siswa SMK-N 3 Gorontalo),”’ (Skripsi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Gorontalo, 2018).

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Data Perundungan Di Sekolah.’, 2023.

Maryam Qonita and others, ‘Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik’, Guidance, 19.02 (2022), hlm. 106–20

Qonita, Maryam, Kristina Betty Artati, Ani Musyarofah, Farah Wahyuni, and Awaluddin Tjalla, ‘Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik’, Guidance, 19.02 (2022), 106–20 https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2211

Rausyan Fikr. “Kedudukan Dan Peran Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Vol. 14 No. 1 .

Satya Candrasari, ‘Strategi Komunikasi Konseling Dalam Menangani Permasalahan Akademik Mahasiswa’, Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 2020, hlm 27–33 .

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

Hikmatul Hidayah, & Nurbaiti, N. (2025). Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Permasalahan Siswa/i Di SMA Negeri 3 Karimun: Bahasa Indonesia. MUMTAZ - Education Management and Islamic Studies, 5(2), 84–91. Retrieved from http://e-journal.mumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/227
Loading...