PENERAPAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA : Bahasa Indonesia

PENERAPAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Bahasa Indonesia

Authors

  • M Muthma’innah Institut Agama Islam Hidayatullah Batam

Keywords:

Penerapan, Teknologi Pembelajaran dan Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan teknologi pembelajaran pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi berupa buku ataupun jurnal terkait penerapan teknologi pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan mengembangkan kemampuan intuitif matematis siswa. Penerapan teknologi pada pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, yang perlu disesuaikan dengan model pembelajaran dan tujuan pembelajaran, mulai dari memanfaatkan platform yang ada untuk dijadikan sebagai bahan media pembelajaran, seperti memanfaatkan platform youtube, google classroom dan lainnya, penggunaan aplikasi Geogebra dan video pembelajaran, penggunaan pembelajaran berbasis Edmodo, dan Microsoft Teams.

References

Abdillah, A., Mastuti, A. G., Rijal, M., & Sehuwaky, N. (2022). Islamic Integrated Information Communication Technology Mathematics Learning Model for Students' Creativity and Environmental Awareness. JTAM: Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 6(1), 194-211.

Bito, N., & Masaong, A. K. (2023). Peran Media Pembelajaran Matematika sebagai Teknologi dan Solusi dalam Pendidikan Di Era Digitalisasi dan Disruption. Jambura Journal Of Mathematics Education, 4(1), 88-97.

Diputra, Y., Husin, M., Karimi, A., Yunusa, A. A., & Muthma’innah, M. (2025). Factors Shaping Student Readiness for Online Learning: Technology, Perception, and Lecturer Roles. Journal of Education Culture and Society, 16(1), 365-387.

Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Iskandar, D., Rahayu, I., Ulum, U. A., Hakim, L., & Ruhiya, Y. (2023). The Utilization of 3D Technology in Mathematics Learning. JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6774-6777.

Istofany, M. A., Negara, H. R., & Santosa, F. H. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Mahasiswa. Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram, 28(1), 1-14.

Jayantika, I. G., & Namur, G. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Digital Matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 284-291.

Milah, A. M., Susilawati, W., A, T. T., & Ariany, R. L. (2022). Adaptasi Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Technology Adaptation in Mathematics Learning. Gunung Djati Conference Series (pp. 73-79). Bandung: UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Muhaimin, L. H., & Juandi, D. (2023). The Role Of Learning Media In Learning Mathematics: A Systematic Literature Review. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 13(1), 85-107.

Muthma'innah, M. (2024). Peran Guru dalam Manajemen Kelas pada Pembelajaran Matematika. TADRIBUNA: Journal of Islamic Management Education, 5(1), 66-73.

Muthma'innah, M. (2025). Analisis Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD, 10(1), 111-126.

Muthma'innah, M. (2025). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pembagian Bilangan. Jurnal Mumtaz, 5(1), 21-27.

Nasrullah, A., Mubarika, M. P., & Umalihayati. (2023). Distance Learning: GeoGebra-Learning Videos to Improving Mathematical Communication Ability. IJET: International Journal of Emerging Technologies in Learning, 18(16), 115-129.

Nugroho, A. G., Cakranegara, P. A., & Hardiansyah, A. (2021). The Relevance of Digital Practice in Indonesian Mathematics Teaching and Learning to Improve Learning Outcomes: Review of Empirical Evidence. International Journal of Physics & Mathematics, 4(1), 23-32.

Nurdiana, A., & Hasanuddin, C. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Daring Sinergi. 1, pp. 427-434. Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonegoro.

Pagau, D. A., & Mytra, P. (2023). The Effect of Technology In Mathematics Learning. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 287–296.

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 40-45.

Supardi, S., & Syaharuddin, S. (2025). The Implementation of AI Technology in Mathematics Education to Enhance Students’ Learning Independence and Critical Thinking Skills. Proceeding of International Seminar. 2, pp. 317-329. Mataram: Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Mataram.

Veronika, S., & Liliana, S. (2025). Analisis Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 976-985.

Wahyuni, Y., Jamaris, & Solfema. (2021). Integration Of Digital Technology In Mathematics Learning. nternational Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 1(3), 144-151.

Wahyuni, Y., Jamaris, & Solfema. (2021). Integration Of Digital Technology In Mathematics Learning. International Journal Of Humanities Education And Social Sciences (IJHESS), 1(3), 144-151.

Yulianti. (2024). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Islamic ELementary School, 4(1), 45-53.

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

M Muthma’innah. (2025). PENERAPAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA : Bahasa Indonesia. MUMTAZ - Education Management and Islamic Studies, 5(2), 72–78. Retrieved from http://e-journal.mumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/221
Loading...