STRATEGI WAKA KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA DI SMPS CENDANA BATAM: Bahasa Indonesia

STRATEGI WAKA KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA DI SMPS CENDANA BATAM

Bahasa Indonesia

Authors

  • Enik Nurfaizah Institut Agama Islam Hidayatullah Batam

Keywords:

Strategi, Waka Kesiswaan, Ekstrakurikuler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana Strategi Waka Kesiswaan dalam Meningkatkan Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Di SMPS Cendana Batam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan yaitu Waka Kesiswaan, Kepala Sekolah, Tutor dan beberapa Siswa/i. kemudian lokasi, peristiwa atau aktivitas, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan Teknik analisis data menggunakan reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada strategi waka kesiswaan dalam meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler siswa di SMPS Cendana Batam sudah dilakukan yaitu terdapat adanya pembentukan jadwal, penyediaan tutor , adanya penetapan target dalam kegiatan ekstrakurikuler, pemetaan Minat dan Bakat yang baik, melakukan koordinasi dan komunikasi, meningkatkan sarana dan prasarana ekstrakurikuler dengan terus melakukan pengadaan setiap belanja Dana BOS, meemberikan reward kepada siswa yang berprestasi dan serius dalam mengikuti kegiatan dan punishment bagi siswa yang tidak disiplin dalam kegiatan ekstrakurikuler.

References

Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Asmiyati, A. (2018). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan

Mutu Sumber Daya di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriliyo I Wukirsari Imogiri Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 41–54. https://doi.org/10.14421/jpm.2018.31-04

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14.

Bashori, B. (2017). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Nadwa, 11(2), 269. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1881 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, (1995).Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi kedua, Jakarta: Balai Pustaka.

Burhan Bungin. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2012

Hakim, M. N. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.31538/ndh.v1i2.7

Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi

Aksara,2010

Kiraman, Pedoman Kegiatan Ekstrakulikuler. Bengkulu: Seraya Pres. 2016 Muhammad Ali, Strategi Penelitian Pendidikan, Bandung: Angkasa, 2000 Setiani Ani, Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran, Bandung, Alfabeta,2015

Sondang P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Dzaujak Ahmad, (1996). Penunjuk Peningkatan Mutu pendidikan di sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud.

Hamdi, A. (2019). Manajemen Mutu Program Diniyah Pada Pondok Pesantren MuhammadIyah Lamongan. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 247–258. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.463

Hawa, S. (2024). IMPLEMENTASI METODE REWARD AND PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 2 KARIMUN. Jurnal Mumtaz, 4(1), 1–9.

Hidayah, Hikmatul, N. R. (2022). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI GURU DI PONPES DARUL HIJRAH KARIMUN. Mumtaz, 2(1), 30–49. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/46/31

Siti, Hawa,Nabila, Rahmadani, V. S. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI di SD NEGERI 006 MERAL. Mumtaz, 3(1), 64–71.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung Alf.

Sugiyono, D. (2016). Metode penelitian pendidikan kuantitatif , kualitatif dan R&D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.

Hawa, S. (2024). IMPLEMENTASI METODE REWARD AND PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 2 KARIMUN. Jurnal Mumtaz, 4(1), 1–9.

Hidayah, Hikmatul, N. R. (2022). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI GURU DI PONPES DARUL HIJRAH KARIMUN. Mumtaz, 2(1), 30–49. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/46/31

Siti, Hawa,Nabila, Rahmadani, V. S. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI di SD NEGERI 006 MERAL. Mumtaz, 3(1), 64–71.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung Alf.

Sugiyono, D. (2016). Metode penelitian pendidikan kuantitatif , kualitatif dan R&D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Enik Nurfaizah. (2025). STRATEGI WAKA KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA DI SMPS CENDANA BATAM: Bahasa Indonesia. MUMTAZ - Education Management and Islamic Studies, 5(1). Retrieved from http://e-journal.mumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/210
Loading...