UJI KOMPETENSI GURU: Bahasa Indonesia

UJI KOMPETENSI GURU

Bahasa Indonesia

Authors

  • Rivana Dinda Mahyuni Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Nurhayati Institut Agama Islam Hidayatullah Batam

Abstract

Pendidikan berkualitas tinggi merupakan kunci menciptakan generasi yang kompetitif, namun Indonesia masih menghadapi tantangan besar dalam kompetensi guru. Penelitian ini mengeksplorasi Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dilaksanakan sejak 2012, bertujuan untuk menilai dan meningkatkan kompetensi pendidik sesuai dengan standar nasional. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur, menganalisis berbagai sumber terkait UKG dan kompetensi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKG mengukur empat kompetensi utama: pribadi, profesional, pedagogik, dan sosial, namun rata-rata hasil UKG masih di bawah standar kompetensi minimal. Selain itu, UKG berfungsi sebagai dasar pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat peningkatan, tantangan dalam kompetensi guru tetap ada, dan rekomendasi untuk Kementerian Pendidikan adalah meningkatkan dukungan serta program pelatihan berkelanjutan. Implikasi temuan ini menunjukkan perlunya kebijakan yang lebih proaktif dalam mendukung pengembangan kompetensi guru dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

References

Asiatun Kapti. 2019. “Membangun Profesionalisme Melalui Uji Kompetensi Guru (UKG).” Seminar Nasional.

Asmariyanti, Ingka, Fadhila Ramadhanty, and Fuji Angraini Ritonga. 2024. “KONSEP, TUJUAN, DAN FUNGSI ADMINISTRASI PENDIDIKAN.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(3): 1261–70.

Fadhillah, Fadhillah, Rugaiyah Rugaiyah, Nurhattati Fuad, and Putry Julia. 2019. “Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Berdasarkan System Thinking.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7(1): 1–14.

Farhan, Mahadi Ahmad. 2023. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Sd Al Azhar 2 Bandar Lampung.”

Farizqi, Fiqh Kautsar. 2018. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di SDN Mulyorejo 1 Malang.”

Fatimah, Sity, and Tiangat Siregar. 2024. “ADMINISTRASI SEKOLAH (ADMINISTRASI KEUANGAN SEKOLAH DAN SARANA PRASARANA).” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(3): 248–55.

Gayatri rama hidayanti, Sumarno, Siti Hawa. 2024. “MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKANDI SD NEGRI 001 KARIMUN.” Mumtaz 4(2): 119–28.

Hambali, Muh, and M Luthfi. 2017. “Manajemen Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Daya Saing.” Journal of Management in Education 2(1): 10–19.

Herlambang, Yusuf Tri et al. 2021. “Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Membangun Desain Pembelajaran Online Dengan Memanfaatkan Multiplatform: Sebuah Gerakan Literasi Digital.” Massagi: Masyarakat Multiliterasi Pedagogi 1(1): 1–8.

Hidayah, Hikmatul,Zulaekah, Adawiyah, Rofiah. 2021. “MANAJEMEN KELAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERVARIASI DI TK YAA BUNAYYA 01 HIDAYATULLAH KARIMUN.” Mumtaz 1(1): 19–25.

Hidayah, Hikmatul & Rahmadani, Nabila. 2022. “STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI GURU DI PONPES DARUL HIJRAH KARIMUN.” Mumtaz 2(1): 25–29.

Idris, Zaenudin. 2014. “Uji Kompetensi Guru (UKG) Dan Penilaian Kinerja Guru (PKG).” Universitas Nusantara Bnadung.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2017. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa Keistimewaan Desa Dan Kota.

Krisanjaya, Krisanjaya et al. 2017. “Latihan Dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Bagi Guru Bahasa Indonesia.”

Latif, Mukhtar, and Kasful Anwar. 2024. “The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands Province.” Dinasti International Journal of Education Management & Social Science 5(5).

Makarim, Nadiem Anwar, Widodo Ekatjahjana, and Dian Wahyuni. 2020. “Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler (Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020).”

Mulyani, Fitri. 2017. “Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam).” Jurnal Pendidikan UNIGA 3(1): 1–8.

Muslimin. 2020. “Program Penilaian Kinerja Guru Dan Uji Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru.” Indonesian Journal of Education Management & Administration Review 4(1): 197–204.

Nur, Syamsiara et al. 2024. “Profesi Keguruan Di Indonesia.”

Nurhayati, Lias Hasibuan, Kemas Imron Rosyadi. 2021. “Determinas Minat Belajar Dan Sikap Tehadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3(10): 2013–15.

Nurhayati, Nurhayati, and Kemas Imron Rosadi. 2022. “DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM?: SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ).” 3(1): 451–64.

Nurmalina, Nurmalina, Muhammad Hasyimsyah Batubara, and Mustafa Kamal Nasution. 2021. “Pelatihan Pemantapan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Ukg (Uji Kompetensi Guru).” JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam 1(1): 16–23.

Oka, Dewa Nyoman, Ni Nyoman Serma Adi, and Ni Made Serma Wati. 2021. “Penguatan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Biologi Di Era Revolusi Industri 4.0.” Widyadari: Jurnal Pendidikan 22(1): 355–70.

Ramadhan, Muhammad Ian. 2021. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (Studi Pada Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor).

Saputri, Ramia, and Sulkaidah Kanang. 2024. “SUPERVISI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS GURU SECARA EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(2): 256–65.

Sayekti, Widya Ningrum Lulu. 2019. “Kontribusi Uji Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi, Pengalaman Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru.” Media Manajemen Pendidikan 2(1): 123–30.

Shafa, Fadiyah, April Aulia, and Farha V Lasahido. 2024. “PENGELOLAAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF FUNGSI MANAJEMEN (POACH).” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(2): 245–52.

Sueni, Ni Made, and Alit Sudiarti Desak Nyoman. 2022. “Guru Pendidik Profesional Dan Implementasi Kurikulum 2013.” WACANA: Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya 22(1).

Sumarno, Elizar. 2022. “MANAJEMENSUMBERDAYAMANUSIA(MSDM)DISMA AR RAHMAH PUTRI ISLAMIC BOARDING SCHOOL MALANG.” Mumtaz 2(2): 132–49.

Syafarina, Lina, E Mulyasa, and Nandang Koswara. 2021. “Strategi Manajerial Penguatan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(4): 2036–43.

Tarbiyah, Fakultas, D A N Keguruan, and Raden Intan Lampung. 2024. “KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BK DI SMA NEGERI 15 DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BK DI SMA NEGERI 15.”

Yani, Ahmad. 2023. “MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS)DANLEMBAGA PENDIDIKAN.” Mumtaz 3(2): 153–58.

Yuwono, Rachmat, Dadang Kusmayadi, E. Hasanah, and Ujang Cepi Barlian. 2021. “Uji Kompetensi Dan Penilaian Guru.” AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 5(1): 1–13.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Rivana Dinda Mahyuni, & Nurhayati. (2025). UJI KOMPETENSI GURU: Bahasa Indonesia. MUMTAZ - Education Management and Islamic Studies, 5(1), 44–51. Retrieved from http://e-journal.mumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/209
Loading...