KESIAPAN PSIKOLOGIS DALAM PROSES KONSELING: TINJAUAN LITERATUR BERDASARKAN PERSPEKTIF DAN STRATEGI YANG EFEKTIF
Bahasa Indonesia
Abstract
Untuk melakukan proses konseling sangat dipengaruhi oleh kesiapan psikologis baik dari sudut klien maupun konselornya. Artikel ini membahas pentingnya kesiapan psikologis dalam konseling dari sudut pandang klien dan konselor serta variabel yang mempengaruhinya,. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji perspektif yang melatarbelakangi kesiapan psikologis dalam rangka melaksanakan konseling. Metode yang digunakan adalah literature review, yang melibatkan analisis artikel dari jurnal terkemuka yang terbit antara tahun 2020 dan 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua faktor utama yang memengaruhi kesiapan psikologis untuk konseling adalah perspektif pendidikan dan perspektif psikologis. Faktor internal, seperti pemahaman konselor tentang alasan klien dan hubungan interpersonal yang dibangun selama sesi konseling, serta faktor eksternal, seperti pemahaman klien tentang keuntungan konseling dan hubungan yang dibangun antara konselor dan klien, berperan dalam meningkatkan kesiapan klien. Diharapkan artikel ini akan membantu konselor membuat intervensi yang lebih kontekstual dan efektif melaksanakan proseskonseling.
References
Ferdiansa, G., Karneli, Y., & Mudjiran. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Klasikal Bimbingan Konseling di Kelas. 5(1), 20–23.
Hidayah, H. (2023). PENGERTIAN, SUMBER, DAN DASAR PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal AS-SAID, 3(1), 21–33.
Hidayah, H. & S. (2023). MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN. Mumtaz, 3(2), 117–126.
Lita Fitara Cania, Mudjiran, & Dina Sukma. (2023). Kesiapan dan Sikap Konselor Untuk Menjalin Hubungan Pada Klien Dalam Melakukan Proses Konseling dan Psikoterapi Profesional. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(2). https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i2.237
Syahri, L. M., Mudjiran, Sukma, D., & Syahrial. (2022). Kesiapan Konselor Dalam Proses Konseling Yang Berhasil. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(September), 82–91.
Vika, Sari, Zulaekah, S. H. (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKANKUALITASLAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMAN 1 KARIMUN. Mumtaz, 4(2), 97–101.
Ferdiansa, G., Karneli, Y., & Mudjiran. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Klasikal Bimbingan Konseling di Kelas. 5(1), 20–23.
Hidayah, H. (2023). PENGERTIAN, SUMBER, DAN DASAR PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal AS-SAID, 3(1), 21–33.
Hidayah, H. & S. (2023). MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN. Mumtaz, 3(2), 117–126.
Lita Fitara Cania, Mudjiran, & Dina Sukma. (2023). Kesiapan dan Sikap Konselor Untuk Menjalin Hubungan Pada Klien Dalam Melakukan Proses Konseling dan Psikoterapi Profesional. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(2). https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i2.237
Syahri, L. M., Mudjiran, Sukma, D., & Syahrial. (2022). Kesiapan Konselor Dalam Proses Konseling Yang Berhasil. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(September), 82–91.
Vika, Sari, Zulaekah, S. H. (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKANKUALITASLAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMAN 1 KARIMUN. Mumtaz, 4(2), 97–101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tila Rohimah, Yeni Karneli, Mudjiran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.