PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI DARUL JANNAH KARIMUN: Bahasa Indonesia

PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI DARUL JANNAH KARIMUN

Bahasa Indonesia

Authors

  • Hikmatul Hidayah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Fauziyah Fauziyah SDSIT Insan Mulia
  • Siti Hawa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz

DOI:

https://doi.org/10.70936/mumtaz.v5i2.229

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MI Darul Jannah Karimun Kabupaten Karimun, dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di MI Darul Jannah Karimun?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informasi yang terdiri dari kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Penelitian ini menggunakan tiga analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menjunjukan bahwa Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di MI Darul Jannah Karimun sudah dijalankan sesuai peran dan tugas sebagai pemimpin sekolah yang meliputi: 1) Kepala sekolah sebagai educator (pendidik) memberikan pengarahan, membimbing dan mengevaluasi dalam implementasi kurikulum merdeka. 2) Kepala sekolah sebagai manajerial pada penyusunan kurikulum operasinal pada perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasi dan evaluasi pembelajaran kurikulum merdeka. 3) Kepala sekolah sebagai administrator melakukan pengelolaan pada kurikulum, keuangan, sarana dan prasarana serta PPDB. 4) Kepala sekolah sebagai supervisor melakukan monitoring dan penilaian supervise terhadap pendidik. 5) Kepala sekolah sebagai innovator melakukan koordinasi secara intensif. 6) Kepala sekolah sebagai motivator memberikan motivasi sepanjang waktu kepada pendidik, sehingga pendidik selalu bersemangat dalam menjalankan tugas dan kewajibanya untuk menunjang implementasi kurikulum merdeka berjalan dengan efektif dan efesien.

References

ConnyR. 2010. Semiawan, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik Dan Keunggulanya (Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010). Hal. 81

Djamal. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2015.

Harahap, Risma Delima. 2018. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru Di SMP N 2 Sigambal.” Jurnal Eduscience 5, no. 1 (2018): 47–52.

Hawa, Siti. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Era Digital : Perspektif Sosiologi Pendidikan.” Mumtaz 3, no. 2 (2023): 72–81.

“Kemendikbudristek Republik Indonesia. 2023. Surat Edaran Badan Standar, Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan :Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023. Nomor 2774/H.HI/KR.00.001/2022.,” n.d.

“Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. 2024. Kebijakan Pemerintah Terkait Kurikulum Merdeka. Pada 6 Oktober 2024. Https://Kurikulum.Kemdikbud.Go.Id/Rujukan.,” n.d.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2022. Prinsip Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan. 2022. (n.d.).

Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka)., n.d.

Mardinah. 2021. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Pelaksaan Merdeka Belajar Di MTs Negeri 2 Banyuasin.” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 2, no. 1 (2021): 15.

Hidayah, H. (2024). Zonasi, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Era Karimun, PPDB Di SMA Negeri 4. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, XII(April), 20–29. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/12874/6706

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

Hidayah, H., Fauziyah, F., & Hawa, S. (2025). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MI DARUL JANNAH KARIMUN: Bahasa Indonesia. MUMTAZ - Education Management and Islamic Studies, 5(2), 92–99. https://doi.org/10.70936/mumtaz.v5i2.229

Issue

Section

JULI 2025
Loading...