MANAJEMEN SANTRI DALAM PENGUATAN KARAKTER ISLAMI DI DAYAH ULUMUL ISLAM PANTON LABU KABUPATEN ACEH UTARA: Bahasa Indonesia

MANAJEMEN SANTRI DALAM PENGUATAN KARAKTER ISLAMI DI DAYAH ULUMUL ISLAM PANTON LABU KABUPATEN ACEH UTARA

Bahasa Indonesia

Authors

  • Ratna Dewi Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

Keywords:

Manajemen santri, karakter Islami, dayah, pendidikan Islam, Dayah Ulumul Islam.

Abstract

Pembentukan karakter Islami santri merupakan fondasi utama pendidikan dayah, bertujuan melahirkan generasi beriman, berakhlak, dan berilmu. Dayah Ulumul Islam Panton Labu, sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional di Aceh Utara, memainkan peran penting dalam pembinaan karakter tersebut melalui manajemen santri yang terstruktur. Latar belakang penelitian ini muncul dari tantangan globalisasi yang mengancam nilai-nilai Islam melalui budaya luar, teknologi, dan informasi global. Tujuan penelitian adalah menganalisis strategi manajemen santri dalam penguatan karakter Islami serta tantangan yang dihadapi. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan meliputi pimpinan dayah, guru, dan santri. Hasil menunjukkan bahwa manajemen santri mencakup perencanaan kurikulum berbasis nilai Islam, program pembinaan akhlak dan ibadah yang intensif, serta pengawasan disiplin. Pendidikan karakter dilaksanakan secara holistik melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler dengan dukungan dari semua pihak. Kendala utama adalah keterbatasan sumber daya dan latar belakang santri yang beragam. Namun, sistem manajemen yang diterapkan terbukti efektif dalam membentuk santri yang mandiri, religius, dan berakhlak mulia.

References

Abdurrahman, M. (2016). Pesantren dan perubahan sosial. Jakarta: LP3M.

Al-Mubarakfuri, S. (2016). Sirah Nabawiyah: Kisah hidup Rasulullah SAW. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Qaradawi, Y. (2015). Membangun masyarakat Islami. Jakarta: Gema Insani Press.

Azra, A. (2017). Pesantren: Tradisi dan pembaharuan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

David, F. R. (2016). Manajemen strategis: Konsep-konsep (Edisi ke-9). Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Gusrianto, D., & Syaifudin, M. (2023). Tinjauan terhadap konsep dasar manajemen strategis dalam lembaga pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30422–30429.

Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan karakter: Membangun peradaban bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Mustofa, A. (2020). Tela’ah konsep nilai-nilai pendidikan Islam. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(2), 233–254. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v2i2.203

Muslem, M., & Hayatina, M. (2021). Peran dayah dalam membentuk karakter anak dalam masyarakat Aceh. Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 6(2), 154–169.

Murtadlo, A. (2018). Santri dan peranannya dalam masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 152–169.

Muntasir. (2025). Dayah dan ulama dalam masyarakat Aceh. Dalam Sarwah (hlm. 43).

Usman, A. S. (2021). Peran Dinas Pendidikan Dayah dalam peningkatan mutu pendidikan di Aceh. Jurnal Ar-Raniry, 1(10). Diakses 13 Januari 2024 dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/10651

Zukarnain. (2008). Manajemen pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasan, A. (2020). Reformasi sistem pendidikan pesantren dalam menghadapi era global. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 45–60.

Rahmawati, N. (2019). Internalisasi nilai-nilai karakter melalui pendidikan asrama. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(3), 112–120.

, Hidayah, Hikmatul, Simbolon, A. W. (2021). PERENCANAAN DALAM ISLAM. Mumtaz, 1(2), 76–87.

Hidayah, H. & S. (2023). MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN. Mumtaz, 3(2), 117–126.

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

Ratna Dewi. (2025). MANAJEMEN SANTRI DALAM PENGUATAN KARAKTER ISLAMI DI DAYAH ULUMUL ISLAM PANTON LABU KABUPATEN ACEH UTARA: Bahasa Indonesia. MUMTAZ - Education Management and Islamic Studies, 5(2), 57–62. Retrieved from http://e-journal.mumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/219
Loading...