MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI PONDOK PESANTREN AL-MASHDUQIAH PATOKAN KRAKSAAN PROBOLINGGO
Bahasa Indonesia
Keywords:
Manajemen Strategik, Pembelajaran Al-Quran, Metode Ummi.Abstract
Artikel ini membahas penerapan manajemen strategik untuk meningkatkan pembelajaran Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Patokan Kraksaan Probolinggo melalui penggunaan Metode Ummi. Manajemen strategik digunakan sebagai pendekatan integral dalam perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran Al-Quran, sementara Metode Ummi diadopsi untuk memperdalam pemahaman serta keterlibatan keluarga dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak positif dari penerapan manajemen strategik dan Metode Ummi terhadap efektivitas pembelajaran Al-Quran di lingkungan pesantren. Artikel ini memberikan wawasan bagi pengelola pondok pesantren, pendidik, dan peneliti untuk menggali potensi manajemen strategik dan Metode Ummi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Al-Quran di lingkungan pendidikan Islam. Sebagai kontribusi terhadap literatur keislaman, penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan model pembelajaran yang relevan dan berkesinambungan dalam upaya memperkuat pemahaman terhadap Al-Quran di kalangan generasi muda.
References
Aini, M. Q. (2020). Homepage?: http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/mpi. E-Journal.Staima-Alhikam.Ac.Id/Index.Php/Mpi, 1(2), 184–199.
Arifudin, O., Tanjung, R., & Sofyan, Y. (2020). Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi. Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi, 177.
Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.7
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Hermanto Nst, M. (2018). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam. Al-Muaddib?: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1). https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.471
Ii, B. A. B., Teori, A. D., Pengertian, T., & Pembelajara, S. (2012). Kajian Pustaka Manajemen Strategi. Molucca Medica, 11(April), 13–45. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed
khoirunisa, N. (2019). Manajemen kesiswaan. 20. https://doi.org/10.31227/osf.io/ytzsq
Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53–69. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.31630
M.Sulton. (2012). Problematika Manajemen Pendidikan. Ta’limuna, 1, 18–32.
Munandar, A. (2020). Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM?: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 73–97. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.132
Neneng Nurmalasari, & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Jurnal.Unigal.Ac.Id, volume 4(3), 543.
Rosi, F. (2020). p-ISSN?:2657-1269 e-ISSN?: 2656-9523. Jurnal Auladuna, Mi, 37–49.
Sagala, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Setyaningsih, D. (2022). Implementasi Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Pedagogika, 13(Nomor 01), 24–34. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1221
Ully Muzakir. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Visipena Journal, 4(2), 130–145. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.218
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Malikul Habsi, Mukhlis Rahmatullah, Muktasim Billah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.