MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI PONDOK PESANTREN AL-MASHDUQIAH PATOKAN KRAKSAAN PROBOLINGGO Bahasa Indonesia

Main Article Content

Malikul Habsi
Mukhlis Rahmatullah
Muktasim Billah

Abstract

Artikel ini membahas penerapan manajemen strategik untuk meningkatkan pembelajaran Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Patokan Kraksaan Probolinggo melalui penggunaan Metode Ummi. Manajemen strategik digunakan sebagai pendekatan integral dalam perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran Al-Quran, sementara Metode Ummi diadopsi untuk memperdalam pemahaman serta keterlibatan keluarga dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak positif dari penerapan manajemen strategik dan Metode Ummi terhadap efektivitas pembelajaran Al-Quran di lingkungan pesantren. Artikel ini memberikan wawasan bagi pengelola pondok pesantren, pendidik, dan peneliti untuk menggali potensi manajemen strategik dan Metode Ummi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Al-Quran di lingkungan pendidikan Islam. Sebagai kontribusi terhadap literatur keislaman, penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan model pembelajaran yang relevan dan berkesinambungan dalam upaya memperkuat pemahaman terhadap Al-Quran di kalangan generasi muda.

Article Details

How to Cite
Habsi, M., Rahmatullah, M., & Billah, M. (2024). MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI PONDOK PESANTREN AL-MASHDUQIAH PATOKAN KRAKSAAN PROBOLINGGO: Bahasa Indonesia. MUMTAZ - Education Management and Islamic Studies, 4(1), 16–22. Retrieved from http://e-journal.mumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/159
Section
JANUARI 2024

References

Aini, M. Q. (2020). Homepage?: http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/mpi. E-Journal.Staima-Alhikam.Ac.Id/Index.Php/Mpi, 1(2), 184–199.

Arifudin, O., Tanjung, R., & Sofyan, Y. (2020). Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi. Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi, 177.

Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.7

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Hermanto Nst, M. (2018). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam. Al-Muaddib?: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1). https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.471

Ii, B. A. B., Teori, A. D., Pengertian, T., & Pembelajara, S. (2012). Kajian Pustaka Manajemen Strategi. Molucca Medica, 11(April), 13–45. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed

khoirunisa, N. (2019). Manajemen kesiswaan. 20. https://doi.org/10.31227/osf.io/ytzsq

Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53–69. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.31630

M.Sulton. (2012). Problematika Manajemen Pendidikan. Ta’limuna, 1, 18–32.

Munandar, A. (2020). Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM?: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 73–97. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.132

Neneng Nurmalasari, & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Jurnal.Unigal.Ac.Id, volume 4(3), 543.

Rosi, F. (2020). p-ISSN?:2657-1269 e-ISSN?: 2656-9523. Jurnal Auladuna, Mi, 37–49.

Sagala, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Setyaningsih, D. (2022). Implementasi Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Pedagogika, 13(Nomor 01), 24–34. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1221

Ully Muzakir. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Visipena Journal, 4(2), 130–145. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.218