IDENTITAS SANTRI: Pendampingan Kemampuan Berpidato Bahasa Arab di Jabal Rahmah Mulia

IDENTITAS SANTRI: Pendampingan Kemampuan Berpidato Bahasa Arab di Jabal Rahmah Mulia

Authors

  • Radinal Mukhtar Harahap STIT Ar-Raudlatul Hasanah Medan
  • Qosim Nursheha Dzulhadi STIT Ar-Raudlatul Hasanah Medan
  • Samsiah Nur STIT Ar-Raudlatul Hasanah Medan
  • Fitri Mawaddah Bako STIT Ar-Raudlatul Hasanah Medan
  • Aura Andini Lubis STIT Ar-Raudlatul Hasanah Medan
  • Raihan Akbarina STIT Ar-Raudlatul Hasanah Medan
  • Raudhatul Jannah STIT Ar-Raudlatul Hasanah Medan

Keywords:

Identitas Santri, Kolaborasi Lembaga, Pidato Bahasa Arab, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan berpidato Bahasa Arab sebagai bagian dari identitas santri di SMP-SMA Plus Jabal Rahmah Mulia, Kabupaten Deli Serdang. Program ini dilaksanakan dengan metode pelatihan satu hari yang mencakup ceramah, diskusi, kuis, dan praktik langsung. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi, kepercayaan diri, dan keterampilan santri dalam menyampaikan pidato berbahasa Arab. Selain itu, santri mulai menyadari bahwa berpidato bukan hanya soal teknik berbicara, tetapi juga refleksi dari kematangan berpikir, struktur gagasan, dan peran keislaman mereka sebagai komunikator. Program ini membuktikan bahwa kemampuan berpidato Bahasa Arab dapat dan perlu diintegrasikan ke dalam profil lulusan pesantren sebagai wujud aktualisasi identitas keilmuan santri. Implikasi lebih lanjut menunjukkan bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi dan pesantren membuka ruang strategis untuk membangun pendidikan Islam yang berkelanjutan, transformatif, dan berdampak luas.

References

Andriani, A. (2015). Urgensi pembelajaran bahasa Arab dalam pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–56.

Arsyad, A. (2003). Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya. Pustaka Pelajar.

Baharuddin, I. (2015). Pesantren dan Bahasa Arab. Thariqah Ilmiah, 1(01).

Emaliana, I. (2017). Teacher-centered or student-centered learning approach to promote learning. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 59–70.

Nor Wan Daud, W. M. (2017). Peranan University: Pengislaman Ilmu Semasa, Penafibaratan dan Penafijajahan. Kuala Lumpur: Casis-Hakim.

Rosyidi, A. W., & Ni’mah, M. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.

Syamsu, P. K. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 18–40.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Harahap, R. M., Dzulhadi, Q. N., Nur, S., Bako, F. M., Lubis, A. A., Akbarina, R., & Jannah, R. (2025). IDENTITAS SANTRI: Pendampingan Kemampuan Berpidato Bahasa Arab di Jabal Rahmah Mulia . AL MUHARRIK - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 22–28. Retrieved from https://e-journal.mumtaz.ac.id/index.php/almuharrik/article/view/214

Issue

Section

FEBRUARI 2025
Loading...