IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Bahasa Indonesia
Abstract
Wadah yang menentukan sebuah pendidikan akan terarah nantinya harus dengan adanya kurikulum terstruktur. Proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam kurikulum merdeka dalam pelaksanaanya pembelajaran membutuhkan ketercapaian yang menekankan pada kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan juga kompetensi keterampilan. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada kurikulum merdeka dapat di implementasikan, karena pada dasarnya harapan dalam kurikulum ini yang berpusat pada siswa. Pendidik atau pengajar sebatas fasilitator, mediator dan juga motivator yang hanya di lakukan dalam kelas sekolah bagi siswa, untuk mencapai semangat dalam pembelajaran dengan hasil nilai yang baik. Pembelajaran yang tepat penggunaanya mencakup aspek kognitif, efektif, dan psikomotorik yang menyeluruh dalam pelaksanaanya. Keberhasilannya dapat di ukur pada peningkatan hasil dari kuantitas ataupun kualitas yang di sekolah dari wakil ketua kurikulum, pendidik, dan semua yang bersangkutan untuk pencapaian siswa. Inovasi Pendidikan juga akan terlihat dari usaha dalam mengubah proses pembelajarn jika dibutuhkan, baik dalam situasi belajar, proses pembelajaran, pembelajaran dalam kurikulum, peningkatan fasilitasnya, maupun juga pada peningkatan mutu keprofesionalan gurnya. Mengarah kepada proses itu, untuk menerapkan kurikulum merdeka belajar di rangkaian pembelajaran harus aktif yang tertanda pada setiap perencanaan yang terencana yang terlibat didalamnya siswa secra langsung baik fisik, mental dan emosinya yang komprehensif.
References
Alimuddin, J. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67-75.
Barlian, U. C., & Solekah, S. 2022. “Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan”. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105- 2118.
Dakir. 2010. “Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum”. jakarta: Rineka Cipta.
Fitri, N. A. 2023. “Kesiapan Guru Dalam Proses Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD”. (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 181-192).
Hidayah, H. (2024). Zonasi, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Era Karimun, PPDB Di SMA Negeri 4. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, XII(April), 20–29. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/12874/6706
Khoirurijal, gandi sunaryo, DKK. 2022. “Pengembangan Kurikulum Merdeka”. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Mulyasa, E. 2013. “Guru Dalam Implementasi Kurikulum”. Bandung: PT Remaja.
Muin, A., Fakhrudin, A., Makruf, A. D., & Gandi, S. 2020. “Pengembangan Kurikulum Merdeka”.
Septiana, A. R., & Hanafi, M. 2022. “Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka”. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380-385.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.
Syaripudin, S., Witarsa, R., & Masrul, M. 2023. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan”. Journal of Education Research, 4(1), 178-184.
Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. 2022. ”Implementasi kurikulum merdeka jenjang SD kabupaten luwu timur”. Jurnal IPMAS, 2(2), 55-62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sari Mahwati Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.