OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA KKN SEBAGAI TENAGA PENGAJAR DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI MDA DESA PARIT 1 KECAMATAN SELAT GELAM

Bahasa Indonesia

Authors

  • Albarnation Albarnation
  • Yani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz

Keywords:

Madrasah Diniyah, Peningkatan pemahaman, Pendidikan Islam.

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting bagi setiap manusia yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan mencerdaskan individu dengan lebih baik. Dalam pelaksanaan pendidikan tentu membutuhkan tenaga pengajar yang bertugas untuk mengajar, baik mengajar dalam pendidikan formal atau non-formal. Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIT Mumtaz 2023 kami lakukan di desa parit 1 kecamatan selat gelam kabupaten Karimun .Tujuan kami melakukan KKN di desa tersebut adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat dan membantu dalam meningkatkan pendidikan anak-anak desa tersebut. Antusias dan semangat belajar anakanak desa parit 1 kecamatan selat gelam sangat tinggi, namun tenaga pengajar yang ada di desa sangat terbatas sehingga menjadi kendala bagi anak-anak tersebut untuk meraih pendidikan. Dengan demikian pada artikel ini memiliki judul Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN Sebagai Tenaga Pengajar dalam Menigkatkan Pendidikan di MDA desa parit 1 kecamatan selat gelam . Madrasah Diniyah Awaliyah ( MDA ) ini berfokus dalam memberikan pembelajaran terkait nilai-nilai agama islam. Walaupun dalam sifat nya Madrasah Diniyah ini sebagai pendidikan nonformal akan tetapi madrasah menjadi pelengkap pendidikan formal sehingga madrasah terdapat pada sistem pendidikan nasional dengan harapan lembaga pendidikan nonformal juga dapat memberikan kontribusinya dalam meningkatkan kecerdasan anak bangsa melalui nila-nilai agama sehingga dalam hal tersebut dapat mencapai tujuan dari pendidikan nasional.

References

Aryanto,R.(2018). PelaksanaanPembinaan Bogor:Cidsor. Hasan, M. 2002. Membentuk Pribadi Muslim. Yogyakarta: Pustaka Nabawi. Hasyim, A. U. 2004. Menjadi Muslim Kafah : Berdasarkan Al Quran dan Sunnah Nabi SAW.

Jogjakarta: Mitra Pustaka

Inovasidan Kewirausahaan,

Ismail. (2019). Pelatihan dan Pengajaran Baca Tulis Al-Qur'an pada MDA At-Taqwa dalam Mengatasi Buta Aksara diKelurahan Kambiolangi. Manan,S.(2017).Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladan dan Pembiasaan.

Muhyidin, M. (2008). Mengajar Anak Berakhlak Al-Qur'an . Bandung: Remaja Rosdakarya.Muntoha.(2015).Pemanduan Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur'an(TPA)di Masjid Arofah.

Putra. (2020). Pendampingan Mengajar di Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur'an. Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan, Sa’dulloh. (2010). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an . Jakarta: Gema Insani.Sunarto.(2017).IcebBreaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta:Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Albarnation, A., & Yani, A. Y. (2023). OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA KKN SEBAGAI TENAGA PENGAJAR DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI MDA DESA PARIT 1 KECAMATAN SELAT GELAM : Bahasa Indonesia. JURNAL AL MUHARRIK KARIMUN, 3(2), 113–117. Retrieved from http://e-journal.mumtaz.ac.id/index.php/almuharrik/article/view/155